RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP N 1 Onan Ganjang
Mata
Pelajaran :
IPS
Kelas/Semester
: VII /
Ganjil
Materi
Pokok : MANUSIA, TEMPAT, DAN
LINGKUNGAN
Alokasi
Waktu :
15 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI1
dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,
geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
·
menjelaskan pengertian konsep ruang;
·
menjelaskan pengertian interaksi
antarruang;
·
menyebutkan contoh interaksi keruangan
antar wilayah di Indonesia;
·
menyebutkan contoh interaksi keruangan
yang terjadi di wilayahnya;
·
menjelaskan kondisi
saling bergantung yang
diperlukan untuk terjadinya
interaksi antarruang;
·
menyebutkan contoh kondisi saling
bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
·
menunjukkan unsur-unsur atau komponen
peta;
·
menyebutkan letak Indonesia secara
astronomis;
·
menyebutkan letak Indonesia secara
geografis;
|
4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan
interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
·
menjelaskan implikasi letak Indonesia
terhadap aspek ekonomi;
·
menjelaskan implikasi letak Indonesia
secara sosial dan budaya;
·
menjelaskan implikasi letak Indonesia
secara geologis;
·
menjelaskan potensi sumber daya alam
berupa hutan di Indonesia;
·
menjelaskan potensi sumber daya alam
berupa sumber daya tambang;
·
menjelaskan potensi sumber daya
perikanan laut Indonesia;
·
menjelaskan potensi sumber daya hutan
mangrove di Indonesia;
·
menjelaskan potensi sumber daya
terumbu karang di Indonesia;
·
membandingkan jumlah
penduduk Indonesia diantara
penduduk negara lainnya di dunia;
·
menjelaskan pola sebaran penduduk
Indonesia;
·
menjelaskan komposisi penduduk
Indonesia menurut usia;
·
menjelaskan komposisi penduduk
Indonesia menurut jenis kelamin;
·
menjelaskan perkembangan angka
pertumbuhan penduduk Indonesia;
·
menjelaskan kualitas penduduk
Indonesia;
·
menunjukkan keragaman rumah adat di
Indonesia;
·
menunjukkan keragaman pakaian adat di
Indonesia;
·
menunjukkan keragaman tarian di
Indonesia;
·
menjelaskan kondisi geologi Indonesia;
·
menjelaskan kondisi bentuk muka bumi
Indonesia;
·
menjelaskan kondisi iklim di
Indonesia;
·
menjelaskan keragaman flora di
Indonesia;
·
menjelaskan keragaman fauna di
Indonesia; dan
·
menjelaskan bentuk-bentuk perubahan
akibat interaksi antarruang.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat:
· menjelaskan
pengertian konsep ruang;
· menjelaskan
pengertian interaksi antarruang;
· menyebutkan
contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
· menyebutkan
contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
· menjelaskan kondisi
saling bergantung yang
diperlukan untuk terjadinya
interaksi antarruang;
· menyebutkan
contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi
antarruang;
· menunjukkan
unsur-unsur atau komponen peta;
· menyebutkan
letak Indonesia secara astronomis;
· menyebutkan
letak Indonesia secara geografis;
D.
Materi
Pembelajaran
·
Kondisi
geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air,
tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
·
Potensi
Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
·
Sumber
Daya Manusia
-
jumlah,
sebaran, dan komposisi;
-
pertumbuhan;
-
kualitas
(pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
-
keragaman
etnik (aspek-aspek budaya
·
Interaksi
antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
·
Dampak
interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery
learning, Problem Based Learning (PBL)
F.
Media
Pembelajaran
a) Gambar yang menunjukkan bentuk-bentuk
interaksi antarruang
b) LCD Proyektor dan Komputer serta tayangan
slide Power point (ppt) yang telah disiapkan
G.
Sumber
Belajar
Sumber Belajar :
Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber,
lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar