Rabu, 16 Mei 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas/Semester : VIII / Ganjil


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP N 1 Onan Ganjang
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/Semester            : VIII / Ganjil
Materi Pokok              : Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-
                                      negara   ASEAN
Alokasi Waktu            : 14 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
·    Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
·    Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
·    Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
·    Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
·    Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
·    Memahami konsep sumber daya alam
·    Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
·    Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
·    Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
·    Memahami konsep Sumber Daya Manusia
·    Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·    Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·    Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
·    Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
·    Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
·    Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
·    Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
·    Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
·    Membuat peta negara ASEAN
·    Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
·    Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
·    Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN
·    Membuat karya tulis dengan topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar Negara-Negara ASEAN”



Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
·         Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
·         Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
·         Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
·         Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
·         Memahami konsep sumber daya alam
·         Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
·         Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
·         Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
·         Memahami konsep Sumber Daya Manusia
·         Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·         Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·         Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
·         Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
·         Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
·         Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
·         Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
·         Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
·         Membuat peta negara ASEAN
·         Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
·         Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
·         Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN
·         Membuat karya tulis dengan topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar Negara-Negara ASEAN”

C.      Materi Pembelajaran
·         Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
·         Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
·         Sumber Daya Manusia
-  jumlah, sebaran, dan komposisi;
-  pertumbuhan;
-  kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
-  keragaman etnik (aspek-aspek budaya
·         Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN)
·         Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

D.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

E.      Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor

Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop & infocus

F.       Sumber Belajar
·         Buku IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
·         Buku refensi yang relevan,
·         Lingkungan setempat


NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com

1 komentar: