RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N
1 Onan Ganjang
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/Semester :
VIII
/ Ganjil
Materi Pokok :
Perubahan keruangan &
interaksi antarruang di Indonesia & negara-
negara ASEAN
Alokasi Waktu :
14
Minggu x 4
Jam Pelajaran @40
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan
ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
· Menyebutkan negara-negara
yang termasuk dalam Negara ASEAN
· Memahami letak dan luas
negara-negara ASEAN
· Memahami kondisi iklim dan
geologis negara-negara ASEAN
· Memahami rupa bumi, tata
asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
· Memahami flora dan fauna
negara-negara ASEAN
· Memahami konsep sumber daya
alam
· Menyebutkan berbagai jenis
sumber daya alam yang ada di sekitar
· Menyebutkan berbagai jenis
sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
· Menjelaskan penyebaran
sumber daya alam di darat dan di laut
· Memahami konsep Sumber Daya
Manusia
· Menjelaskan jumlah,
sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
· Menjelaskan pertumbuhan
sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
· Menjelaskan konsep kualitas
sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
· Memahami berbagai etnik
yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
· Menjelaskan kondisi saling
bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
· Menjelaskan distribusi
potensi wilayah Negara-negara ASEAN
· Memahami dampak positif dan
negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
· Memahami dampak positif dan
negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
|
4.1
Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
· Membuat peta negara ASEAN
· Membuat peta penyebaran
sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
· Menyusun galery gambar
berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
· Membuat karya tulis
mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN
· Membuat karya tulis dengan
topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar Negara-Negara ASEAN”
|
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
·
Memahami letak
dan luas negara-negara ASEAN
·
Memahami kondisi
iklim dan geologis negara-negara ASEAN
·
Memahami rupa
bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
·
Memahami flora
dan fauna negara-negara ASEAN
·
Memahami konsep
sumber daya alam
·
Menyebutkan
berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
·
Menyebutkan
berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
·
Menjelaskan
penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
·
Memahami konsep
Sumber Daya Manusia
·
Menjelaskan
jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·
Menjelaskan
pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·
Menjelaskan
konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
·
Memahami
berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
·
Menjelaskan
kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang
di ASEAN;
·
Menjelaskan
distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
·
Memahami dampak
positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
·
Memahami dampak
positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
·
Membuat peta
negara ASEAN
·
Membuat peta
penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
·
Menyusun galery
gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
·
Membuat karya
tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN
·
Membuat karya
tulis dengan topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar Negara-Negara
ASEAN”
C.
Materi
Pembelajaran
·
Kondisi
geografis Negara-negara ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata
air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
·
Potensi
Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
·
Sumber
Daya Manusia
- jumlah, sebaran,
dan komposisi;
- pertumbuhan;
- kualitas
(pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
- keragaman etnik
(aspek-aspek budaya
·
Interaksi
antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN)
·
Dampak
interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
D.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
E.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocus
F.
Sumber Belajar
·
Buku IPS Siswa
Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi
yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
bisa minta RPP kelas 8 IPS?
BalasHapus