PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Semester : Ganjil dan Genap
Kompetensi Inti
:
·
KI1
dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek/Ranah
|
||
Pengetahuan
(Kognitif)
|
Sikap
(Affective)
|
Ketrampilan
(Psikomotorik)
|
|||
1
|
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
·
Menyebutkan negara-negara yang
termasuk dalam Negara ASEAN
·
Memahami letak dan luas
negara-negara ASEAN
·
Memahami kondisi iklim dan
geologis negara-negara ASEAN
·
Memahami rupa bumi, tata asir
dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
·
Memahami flora dan fauna
negara-negara ASEAN
·
Memahami konsep sumber daya
alam
·
Menyebutkan berbagai jenis
sumber daya alam yang ada di sekitar
·
Menyebutkan berbagai jenis
sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
·
Menjelaskan penyebaran sumber
daya alam di darat dan di laut
·
Memahami konsep Sumber Daya
Manusia
·
Menjelaskan jumlah, sebaran,
dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·
Menjelaskan pertumbuhan sumber
daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·
Menjelaskan konsep kualitas
sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
·
Memahami berbagai etnik yang
ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
·
Menjelaskan kondisi saling
bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
·
Menjelaskan distribusi potensi
wilayah Negara-negara ASEAN
·
Memahami dampak positif dan
negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
·
Memahami dampak positif dan
negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
|
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar