Rabu, 16 Mei 2018

PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI Semester : Ganjil dan Genap


PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Mata Pelajaran         : IPS
Kelas                        : VIII
Semester                   : Ganjil dan Genap

Kompetensi Inti :
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Aspek/Ranah
Pengetahuan
(Kognitif)
Sikap
(Affective)
Ketrampilan
(Psikomotorik)
1
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
·   Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
·   Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
·   Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
·   Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
·   Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
·   Memahami konsep sumber daya alam
·   Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
·   Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
·   Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
·   Memahami konsep Sumber Daya Manusia
·   Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·   Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
·   Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
·   Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
·   Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
·   Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
·   Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
·   Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN





NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar