RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1 Onan Ganjang
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/Semester : VIII / Genap
Materi Pokok : Keunggulan dan keterbatasan
ruang
Alokasi Waktu : 10 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan
ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3
Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran
serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan
ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN.
|
· Memahami keunggulan dan
keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi.
· Memahami permintaan dan
penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi
· Menjelaskan pengaruh
interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, social, budaya di indonesia
dan asean
· Memaparkan contoh kegiatan
perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor).
· Menjelaskan berbagai upaya
pengembangan ekonomi maritim dan agrikultur.
· Mendeskripsikan alternatif pendistribusian pendapatan
negara untuk kesejahteraan masyarakat.
|
4.3
Menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam
permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi
antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan
negara-negara ASEAN
|
· Menyajikan hasil analisis
keunggulan dan kelemahan ruang serta pengaruhnya terhadap interaksi antar
daerah, antarpulau, dan antarnegara
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memahami
keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku
ekonomi.
·
Memahami
permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi
·
Menjelaskan
pengaruh interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, social, budaya di
indonesia dan asean
·
Memaparkan contoh
kegiatan perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor).
·
Menjelaskan
berbagai upaya pengembangan ekonomi maritim dan agrikultur.
·
Mendeskripsikan alternatif pendistribusian pendapatan negara
untuk kesejahteraan masyarakat.
·
Menyajikan hasil
analisis keunggulan dan kelemahan ruang serta pengaruhnya terhadap interaksi
antar daerah, antarpulau, dan antarnegara
D.
Materi
Pembelajaran
• Keunggulan dan keterbatasan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi.
• Permintaan dan penawaran
dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi
• Pengaruh interaksi antaruang
terhadap kegiatan ekonomi, social, budaya di Indonesia dan ASEAN
• Kegiatan perdagangan antar
daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor).
• Upaya mengembangkan ekonomi
maritim dan agrikultur.
• Mengembangkan alternatif
pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat.
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocus
G.
Sumber Belajar
·
Buku IPS Siswa
Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi
yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (4 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku
ekonomi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku
ekonomi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Keunggulan dalam permintaan
dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian
materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi oleh
guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
|||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati
dengan seksama materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai
pelaku ekonomi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku
ekonomi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran
sebagai pelaku ekonomi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
|
|||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
Mencatat
semua informasi tentang materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran
sebagai pelaku ekonomi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai
pelaku ekonomi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Keunggulan dalam permintaan
dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi
Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran
sebagai pelaku ekonomi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi yang dilakukan
dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi yang
akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Keunggulan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Keunggulan dalam
permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Keunggulan dalam permintaan dan penawaran
sebagai pelaku ekonomi yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi yang
baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Keunggulan dalam permintaan dan penawaran
sebagai pelaku ekonomi
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Keunggulan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan
Ke-2 (4 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Keterbatasan
dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi
dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku
ekonomi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai
pelaku ekonomi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku
ekonomi
|
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar