Rabu, 16 Mei 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas/Semester : VII/Genap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 :  SMP...
Mata Pelajaran                    :  IPS
Kelas/Semester                    :  VII/...
Materi Pokok                       :  AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN
Alokasi Waktu                     :  9 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3 Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
·         Menjelaskan kelangkaan sebagai permsalahan ekonomi manusia
·         Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia
·         Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi
·         Menjelaskan kegiatan produksi
·         Menjelaskan kegiatan distribusi
·         Menjelaskan kegiatan konsumsi

4.3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
·         Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga
·         Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat
·         Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi
·         Menjelaskan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
·         Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk  meningkatkan kesejahteraan manusia.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah  kegiatan  pembelajaran  dilaksanakan,  peserta  didik  diharapkan dapat :
·         Menjelaskan kelangkaan sebagai permsalahan ekonomi manusia
·         Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia
·         Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi
·         Menjelaskan kegiatan produksi
·         Menjelaskan kegiatan distribusi
·         Menjelaskan kegiatan konsumsi
·         Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga
·         Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat
·         Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi
·         Menjelaskan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
·         Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk  meningkatkan kesejahteraan manusia.

D.      Materi Pembelajaran
  • Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan tindakan ekonomi).
  • Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya denganperkembangan iptek.
  • Permintaan, penawaran, harga, dan pasar.
  • Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia.
  • Hubungan antara kelangkaan, permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkankesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.

E.      Metode Pembelajaran
1).  Pendekatan                          : Saintifik
2).  Model pembelajaran          : Problem based learning

F.       Media Pembelajaran
a)  Gambar tentang kegiatan ekonomi, dan transportasi
b)  LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide Power point (ppt) yang telah disiapkan.

G.      Sumber Belajar
Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com
NB. UNTUK FILE ASLI BISA HUBUNGI VIA EMAIL : lapan2net@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar